Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Amalan Jariyah Anak Untuk Kedua Orang Yang Telah Wafat

Seorang anak yang baik boleh melakukan pelbagai kebaikan lain untuk membantu bapak ibunya yang telah meninggal dunia dengan ikhtiyar seperti Berikut:

1- Perbanyaklah Bersedekah
Berbagai sedekah boleh dilakukan, terutama sedekah jariyah seperti menyumbang kepada pembinaan masjid, tempat-tempat belajar dan mengaji, mewakafkan tanah untuk tempat perkuburan, memberikan pakaian kepada rumah anak yatim.

Selalu bersedekah Surah Al-Fatihah, Surah Al-Ikhlas, Surah Al-Falaq, Surah An-Nas dan ayat-ayat al-Quran yang lain dan sebaiknya dibaca sendiri oleh anak-anak mereka. Selain itu, membayarkan haji untuk mereka (niat haji untuk ibu bapak yang telah meninggal dunia).

2- Lunasilah Utang-Utang Mereka
Jika semasa hidupnya ibu bapak pernah berhutang, berusahalah untuk membayar semua utang itu, seperti utang kepada bank, angsuran kendaraan dan lain sebagainya.

Sedangkan berutang kepada Allah SWT misalnya nadzar yang penah dilakukan mereka lakukan, juga  termasuk mengqadla' puasa atau membayar fidyah puasa yang mereka tinggalkan. Selain itu, tunaikanlah wasiat dan janji yang tidak sempat dilakukan semasa mereka hidup.

3- Melakukan Amal Shaleh

Sebagai anak yang shleh, menjauhi perbuatan yang dilarang oleh Allh SWT, seperti maksiat dan tidak menutup aurat.

Tidak bertengkar sesama kakak beradik karena memperebutkan harta pusaka, sebaliknya perbanyak amal shaleh dengan berbuat kebaikan, karena pahala segala kebaikan tersebut akan diberikan kepada bapak ibu di alam barzakh.

4- Menjaga Silaturahim Dengan Keluarga Dan Sahabat Baik Mereka

Salah satu cara lain untuk berbakti kepada kedua orang tua yang telah wafat adalah menjaga silaturahim, menghormati dan membantu keluarga, dan para sahabat mereka. Dalam hadits Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya suatu hal yang paling baik dalam berbakti ialah silaturahim seorang anak kepada kerabat yang mencintai ayahnya”. [Hadis Riwayat Imam Muslim]

5. Menjaga Nama Baik Kedua Orang Tua

Kewajiban seorang anak ketika orang tuanya telah meninggal selanjutnya adalah menjaga nama baiknya. Tetap menjaga rahasia yang ada dalam keluarga dan tidak menjelekkannya. Apalagi sampai menimbulkan fitnah terhadap orang tua yang telah pergi.

6. Mendoakan Kedua Orang Tua

Kewajiban anak terhadap orang tua yang telah wafat adalah selalu mendo'akan orang tuanya agar dosa-dosanya diampuni oleh Allah dan didoakan agar kedua orang tuanya dimasukkan ke dalam surga bersama-sama orang yang shaleh.

Semoga kita semua digolongkan dalam kelompok anak-anak yang shaleh,aamiin

Posting Komentar untuk "6 Amalan Jariyah Anak Untuk Kedua Orang Yang Telah Wafat"