Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Biaya SMS dan Teks Menjadi Gratis



Biaya SMS adalah keuntungan murni untuk operator seluler. Mereka pada dasarnya gratis untuk dikirim oleh operator, tetapi mereka sering kali biayanya sepuluh sen atau lebih per pesan. Biayanya lebih tinggi untuk mengirim pesan teks di Bumi daripada mengirim data dari Mars.
Dengan adanya biaya yang terlalu tinggi ini, tidak mengherankan bahwa berbagai aplikasi bermunculan yang memungkinkan orang untuk mengirim pesan teks secara gratis dan menghindari operator. Yang paling populer, WhatsApp, mengklaim memiliki lebih banyak pengguna daripada Twitter dan mengirim lebih banyak pesan daripada Facebook di seluruh dunia.
Lagi pula, Mengapa Biaya Teks Begitu Banyak?

Kebenaran tentang pesan teks adalah bahwa mereka tidak memasukkan beban tambahan pada jaringan seluler. Mereka dikirim bersama dengan data lain yang sudah digunakan dengan jaringan nirkabel. Teks pada dasarnya gratis untuk dikirim oleh operator.

Jadi mengapa operator membebankan biaya sangat banyak untuk pesan teks? Nah, untuk alasan yang sama bahwa operator menambahkan begitu banyak keuntungan untuk biaya roaming - karena mereka bisa lolos begitu saja.

Jika paket Anda memberikan Anda pesan teks tanpa batas - sesuatu yang kedengarannya bagus, tetapi pada dasarnya gratis untuk ditawarkan oleh operator sehingga mereka membundelnya untuk membenarkan biaya bulanan yang tinggi - Anda mungkin tidak peduli untuk mendapatkan pesan teks secara gratis. Namun, jika Anda menggunakan operator prabayar dengan tagihan bayar per penggunaan, menggunakan salah satu aplikasi di bawah ini dapat membantu Anda dan teman Anda menghemat uang, mengirim SMS sepenuhnya gratis ketika Anda menggunakan Wi-Fi.
WhatsApp

WhatsApp, aplikasi perpesanan gratis paling populer, dukungan di atas nomor telepon dan kontak Anda yang ada. Ketika Anda menginstal WhatsApp di ponsel Anda, Anda harus mengkonfirmasi nomor telepon Anda dengan menerima pesan teks. Setelah Anda melakukannya, WhatsApp akan mengaitkan aplikasi dengan nomor telepon Anda saat ini di server-nya. Ini akan memindai buku alamat ponsel Anda dan melihat nomor telepon yang telah Anda kaitkan dengan kontak Anda, menampilkan kontak Anda yang menggunakan WhatsApp. Jika mereka menggunakan WhatsApp, Anda dapat mengirim pesan melalui aplikasi WhatsApp. WhatsApp berfungsi mirip dengan SMS, tetapi mengirim pesan melalui Internet - jadi itu akan sepenuhnya gratis jika Anda terhubung ke Wi-Fi atau hanya akan dikenakan biaya sedikit data jika Anda berada di jaringan seluler.

Yang menarik dari WhatsApp adalah seberapa rendah gesekannya. Anda tidak harus memberi tahu teman Anda untuk mendaftar ke akun WhatsApp dan kemudian berteman satu sama lain, seperti yang Anda lakukan pada layanan pesan lainnya. Jika seseorang di buku alamat Anda ada di WhatsApp, Anda akan tahu. Jika Anda sudah mengirim pesan kepada orang, Anda dapat meminta semua orang untuk mengunduh WhatsApp dan Anda akan melihatnya di WhatsApp tanpa perlu pertemanan.

Hanya AS: Google Voice

Jika Anda berada di AS, Anda dapat mendaftar untuk mendapatkan nomor Google Voice gratis . Dengan menggunakan aplikasi seluler Google Voice atau bahkan Google Voice di web, Anda dapat mengirim pesan teks gratis. Seperti dengan WhatsApp, jika Anda mengirim pesan teks melalui Google Voice saat tidak terhubung ke Wi-Fi, aplikasi akan menggunakan sedikit data alih-alih menghitung sebagai pesan teks. Satu hal yang menyenangkan tentang Google Voice adalah tidak hanya untuk seluler. Anda juga dapat mengirim dan menerima pesan teks di web.

Anda bahkan dapat mem- porting nomor telepon Anda yang ada ke Google Voice , menggunakannya sebagai nomor utama Anda untuk mengirim dan menerima panggilan.

Hanya iOS: Apple iMessage

Perangkat iOS dan Mac Apple termasuk iMessage. Jika Anda menggunakan iMessage dan mengirim pesan ke pengguna iMessage lain, iMessage akan mengirim pesan itu melalui Internet (melalui Wi-Fi atau koneksi data) daripada mengirimnya sebagai pesan teks biasa. Ini semua terjadi secara otomatis - aplikasi merutekan pesan sebanyak mungkin melalui Internet daripada mengirimnya sebagai pesan SMS tradisional.

Jika Anda menggunakan iPhone dan mengirim pesan ke pengguna iPhone lain, pesan itu mungkin akan dikirim melalui Internet daripada sebagai pesan SMS biasa. Namun, ini mengharuskan kontak Anda memiliki perangkat Apple - jika tidak, Anda lebih baik menggunakan aplikasi lintas platform seperti WhatsApp.

Layanan Lainnya

Opsi di atas jauh dari satu-satunya layanan penggantian SMS. Ada berbagai macam layanan, beberapa di antaranya lebih populer di masing-masing negara. Kik, Viber, Line, Facebook Messenger, BlackBerry Messenger (akan segera tersedia untuk iOS dan Android), Google Hangouts - daftarnya terus berlanjut.

Sayangnya, meskipun SMS adalah layanan yang memungkinkan orang dengan ponsel dan aplikasi berbeda untuk saling beroperasi, semua aplikasi perpesanan ini terbatas pada dunia kecil mereka sendiri. Jika Anda ingin mengirim pesan kepada seseorang di WhatsApp, Anda harus menggunakan WhatsApp. Jika Anda ingin mengirim pesan kepada seseorang melalui Google Hangouts, Anda harus melakukannya melalui aplikasi Google Hangouts.


Jika Anda benar-benar ingin mengirim teks gratis antara lingkaran sosial atau keluarga Anda, Anda mungkin ingin memutuskan aplikasi yang akan Anda gunakan semua. Berkat ketamakan operator, dunia layanan perpesanan seluler menjadi terfragmentasi.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Biaya SMS dan Teks Menjadi Gratis"