Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Yang Dimaksud SEO?

Bagi blogger pemula tentunya sangat asing ketika mendengar tentang kata SEO. Tetapi bagi yang sudah terbiasa dengan membuat blog atau menulis menggunakan layanan internet membicarakan masalah SEO adalah keniscayaan, karena tanpa SEO maka yang ditulis akan sulit dibaca oleh orang lain, karena tidak terlacak atau juga terlacak oleh mesin pencari tetapi menempati halaman yang agak sulit dijangkau oleh pengguna internet lainnya.

Oleh karenanya, maka tulisan ini akan sedikit memberikan pencerahan tentang SEO

Apakah Yang Dimaksud SEO?

Apakah Itu SEO?


Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi pemasaran online yang paling populer dan powerful dalam digital marketing. Penggunaan strategi yang tepat dapat meningkatkan bisnis anda, namun apabila salah, bisnis anda tidak akan dapat di temukan dalam mesin pencari.

Strategi ini di gunakan untuk menampilkan website anda di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci pilihan anda.

Sebagai contoh, untuk bisnis ‘toko pakaian’, apabila ingin berada di halaman pertama saat orang mencari kata ‘toko pakain’ di mesin pencari (seperti Google, Yahoo, atau Bing), bisnis tersebut harus menggunakan SEO.

Masalahnya adalah, tempat di halaman pertama hasil pencarian (Search Engine Result Page – SERP) atau para blogger menyebutnya pejwan itu terterbatas. Kurang lebih terdapat 10 tempat. Sedangkan setiap pemilik bisnis ingin agar bisnis mereka berada di halaman 1 hasil pencarian. Di sini pentingnya adanya penerapan strategi SEO.

Yang Harus diperhatikan Dalam SEO


Dalam penerapan SEO dan untuk memahami pengertian SEO, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan:

1. Kompetisi


Semakin banyak (jumlah) bisnis yang ingin berada di halaman pertama, maka kompetisi semakin tinggi.

Apabila jumlah pencari (Anda bisa research menggunakan keyword planner) semakin banyak, biasanya kompetisi semakin tinggi.

Saat kompetisi di nilai tinggi, maka strategi SEO yang di perlukan semakin kompleks (dan akan membutuhkan keahlian dan biaya yang semakin tinggi)

2. Website


Website memiliki peranan penting dalam SEO. Dalam pembuatan website, anda perlu membuat website yang Search Engine Friendly (SEF) atau mudah digunakan atau ditampilkan pada desktop atau mobile seluler.

Kami sangat memperhatikan hal ini untuk setiap client kami karena kami mengerti betapa penting untuk website dapat dengan mudah di temukan di mesin pencari.

3. SEO Strategy


Banyak yang bilang kalau mereka mengerti tentang bagaimana menerapkan strategi SEO. Tetapi perlu anda ketahui, banyak yang menggunakan cara-cara illegal untuk membuat tujuan mereka tercapai.

Mereka yang menyalahgunakan pengertian SEO, menggunakan strategi illegal ini di sebut juga dengan Black-Hat-SEO.

Oleh karena itu, anda perlu menerapkan White-Hat-SEO. Anda dapat mempelajarinya dari berbagai sumber terpercaya seperti dari Distilled, Moz, dsb, atau menggunakan jasa professional terpercaya. Karena dengan White-Hat-SEO maka cara anda lebih aman dan akan mendapatkan ha-hal yang lebih  baik pada akhirnya.

White-hat-SEO tidak sulit namun memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun hasilnya akan lebih baik daripada mereka yang menggunakan Black-Hat atau Gray-Hat di masa depan.

Alangkah baik anda mendiskusikan penggunaan dan pengertian SEO kepada mereka yang telah mempelajari SEO sebelumnya. Karena dalam melakukannya, akan ada beberapa hal yang perlu anda mengerti dan anda lakukan hingga anda mendapatkan hasil yang baik juga.

Posting Komentar untuk "Apakah Yang Dimaksud SEO?"