Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata-Kata Mutiara Khalifah Umar bin Khaththab

Umar bin Khattab merupakan sahabat Rasulullah yang paling kuat dan juga paling tegas terhadap hukum syariat. Beliau juga sempat menjadi khalifah sepeninggalan Sayyidina Abu Bakar. Banyak kata-kata mutiara dari beliau yang perlu kita amalkan. Berikut sebagian kata-kata mutiara dari Umar bin Khattab:
  1. Jika tidak karena takut dihisab, sesungguhnya aku akan perintahkan membawa seekor kambing, kemudian dipanggang untuk kami di depan pembakar roti.
  2. Barangsiapa takut kepada Allah SWT niscaya tidak akan dapat dilihat kemarahannya. Dan barangsiapa takut pada Allah, tidak sia-sia apa yang dia kehendaki.
  3. Wahai Tuhan, janganlah Engkau jadikan kebinasaan umat Muhammad SAW di atas tanganku. Wahai Tuhanku, umurku telah lanjut dan kekuatanku telah lemah. Maka genggamkan (matikan) aku untukMu bukan untuk manusia.
  4. Dari begitu banyak sahabat, dan tak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Aku memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezeki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar.
  5. Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah tenang dan sabar.
  6. Manusia yang berakal adalah manusia yang suka menerima dan meminta nasihat.
  7. Bila engkau hendak memuji seseorang, pujilah Allah. Karena tiada seorang manusia pun lebih banyak dalam memberi kepadamu dan lebih santun lembut kepadamu selain Allah.
  8. Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku.
  9. Barang siapa menempatkan dirinya ditempat yang dapat menimbulkan persangkaan, maka janganlah menyesal kalau orang menyangka buruk kepadanya.
  10. Kebajikan yang ringan adalah menunjukan muka berseri-seri dan mengucapkan kata-kata lemah lembut.
  11. Orang yang tidak dapat menguasai matanya maka hatinya tidak ada harganya.
  12. Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang karena mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau.

Posting Komentar untuk "Kata-Kata Mutiara Khalifah Umar bin Khaththab"