Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Download Aplikasi Yang Tidak Ada Lagi di App Store Ponsel Anda

 Cara Download Aplikasi Yang Tidak Ada Lagi di App Store Ponsel Anda

Toko aplikasi smartphone atau tempat mengunduh aplikasi pada saat ini sudah baik, dan kita senang jika melihat aplikasi baru tersedia, tetapi kadang tak terhindarkan aplikasi yang kita butuhkan ternyata telah tiada. Dan inilah yang dapat anda lakukan jika ternyata aplikasi yang sangat anda butuhkan itu menghilang.

Mengapa Aplikasi Itu Menghilang?

Sebelum kita berbicara tentang bagaimana Anda bisa mendapatkan aplikasi yang tidak lagi tersedia untuk diunduh dari toko aplikasi masing-masing ponsel Anda, mari kita bicara tentang mengapa aplikasi dihapus dari tempat semula.

Secara umum, ini adalah karena memang ditarik kembali oleh pengembang; aplikasi ditarik karena aplikasi tersebut tidak lagi mendukungnya. Contoh kasus: Epic Games baru-baru ini menarik semua versi Infinity Blade dari iOS App Store karena alasan yang tepat. Perusahaan mengklaim kurangnya sumber daya untuk mendukung permainan “pada tingkat yang memenuhi standar aplikasi saat ini.” Masuk akal memang jika Anda harus melakukan sesuatu yang mungkin sebaiknya dilakukan dengan benar.

Dari pada dibiarkan saja, Aplikasi tersebut bisa menjadi lebih banyak masalah dari pada layak untuk terus mendukung, fitur-fiturnya bisa dipindahkan ke aplikasi lain dari pengembang yang sama, atau pengembang dibubarkan sepenuhnya.

Berita baiknya adalah jika aplikasi yang anda cari tidak tersedia karena dengan alasan-alasan tersebut, Anda masih dapat mengunduh ulang jika sebelumnya Anda telah mengunduh (ini terutama berlaku untuk aplikasi berbayar).

Perlu dicatat bahwa jika aplikasi telah dihapus oleh perusahaan app store itu sendiri (Apple dalam hal iOS App Store atau Google untuk Play Store). Maka kemungkinan besar akan hilang selamanya. Jika mereka menariknya, ada alasan yang baik untuk itu sehingga Anda tidak bisa berharap untuk mendapatkannya kembali dengan mudah.

Namun, jika aplikasi tidak lagi ada di app store, inilah cara termudah untuk mendapatkannya kembali untuk perangkat Android atau iOS.

Cara Mengunduh Aplikasi yang Tidak Lagi Ada di App Store iOS

Jika Anda pengguna iOS, opsi Anda sangat terbatas, Anda harus mendapatkan aplikasi dari App Store. Untungnya, jika Anda membeli atau mengunduh aplikasi yang tidak lagi tersedia, Anda mungkin masih dapat mengambilnya.

Pertama, jalankan App Store, lalu ketuk ikon akun di sudut kanan atas.

Setelahnya, ketuk "Purchased"

Untuk melihat semua aplikasi yang belum ada di ponsel atau iPad Anda (yang kemungkinan merupakan skenario jika Anda mencoba menarik sesuatu yang tidak lagi ada di App Store), ketuk pada “Not on this iPhone / iPad.”

Dari sana, Anda dapat menggulir daftar untuk menemukan aplikasi yang ingin Anda instal, lalu ketuk ikon cloud kecil di sebelah kanan untuk mengunduhnya. Gampang khan?!!.

Cara Mengunduh Aplikasi yang Tidak Lagi Ada di Google Play

Meskipun Anda hanya memiliki satu opsi untuk mengunduh aplikasi yang sudah usang di iOS, ada beberapa cara untuk melakukan ini di Android: dapatkan dari Google Play Store atau unduh APK dan sideload aplikasi. Sementara yang pertama adalah cara yang paling mudah, yang terakhir menawarkan cara untuk menginstal aplikasi yang telah dihapus dari Google Play sepenuhnya.

Cara Memasang Aplikasi yang Dihapus dari Google Play

Pertama, buka Play Store, lalu buka menu dengan mengetuk tiga garis di kiri atas (di dalam kotak pencarian).

Dari sana, pilih "My Apps & Game."

Setelah menu ini terbuka, pilih "Library" Ini akan mencantumkan setiap aplikasi yang pernah Anda unduh dari Google Play.

Sayangnya, tidak ada cara mudah untuk mencari daftar ini, jadi jika Anda mencari aplikasi yang lebih lama lagi, mungkin perlu waktu cukup lama untuk menemukannya dengan menggulir ke bawah.

Alangkah baiknya jika Anda memiliki opsi lain yaitu: APK sideload.

Cara Sideload Aplikasi yang Tidak Lagi Ada di Google Play

Menyortir daftar aplikasi yang tidak berguna bisa sangat menyusahkan, jadi dalam hal ini, bisa lebih mudah untuk sideload aplikasi.

Jika Anda belum pernah melakukan sideload aplikasi sebelumnya. Anda mungkin harus melihat tutorial kami lebih lengkap. Ini bukanlah cara yang rumit, tetapi bagaimana Anda melakukannya akan tergantung pada versi Android yang dijalankan ponsel Anda.

Baca Juga : Cara Melakukan Sideload Aplikasi di Android

Jika Anda memiliki sideload aplikasi sebelumnya dan hanya perlu tempat yang baik untuk menemukan sesuatu yang tidak ada lagi di Play Store, APK Mirror adalah jawaban Anda. Ini adalah tempat terbaik di internet untuk mengambil aplikasi Android untuk melakukan sideload, yang merupakan sumber yang dapat dipercaya yang hanya menampilkan aplikasi gratis (tidak ada aplikasi bajakan di APK Mirror), dan setiap aplikasinya legal. Perlu juga disebutkan bahwa ada beberapa versi atau beberapa aplikasi tergantung pada model ponsel Anda dan detail perangkat kerasnya. Jika Anda tidak yakin APK mana yang harus Anda instal, periksa perangkat android anda.

Jadi, misalnya Anda ingin menginstal Skitch (aplikasi Evernote yang sekarang tidak berfungsi). Anda cukup mengambil APK dari APK Mirror dan menginstalnya di perangkat Anda menggunakan instruksi di atas. Tidak ada apa-apa!

Posting Komentar untuk "Cara Download Aplikasi Yang Tidak Ada Lagi di App Store Ponsel Anda"