Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekilas Tentang Pengertian Aplikasi Yang Kita Gunakan

Sekilas Tentang Pengertian Aplikasi Yang Kita Gunakan

Mungkin anda pernah mendengar orang yang berbicara tentang program aplikasi atau aplikasi. Tapi sebenarnya apakah maksudnya? Yang jelas apa yang dibicarakan adalah teknologi, baik yang berhubungan dengan komputer, handphone atau smartphone.


Apa Sih Aplikasi Itu?

Lebih mudahnya, aplikasi adalah jenis perangkat lunak (software) yang memungkinkan Anda untuk melakukan tugas tertentu. Aplikasi untuk komputer desktop atau laptop kadang-kadang disebut aplikasi desktop, sedangkan aplikasi untuk perangkat seluler disebut aplikasi seluler.

Ketika Anda membuka aplikasi, aplikasi itu berjalan di dalam sistem operasi sampai Anda menutupnya.Kadang-kadang Anda juga akan membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan, yang dikenal dengan istilah multi-tasking.

Aplikasi adalah istilah umum untuk suatu perangkat lunak untuk melakukan tugas tertentu, terutama untuk aplikasi sederhana yang dapat diunduh dengan murah atau bahkan gratis. Banyak aplikasi juga tersedia untuk perangkat seluler.

Aplikasi Desktop

Ada banyak aplikasi desktop yang tidak terhitung jumlahnya, dan mereka masuk ke dalam beberapa kategori. Beberapa fitur lebih lengkap (seperti Microsoft Word), sementara yang lain hanya dapat melakukan satu atau dua hal (seperti aplikasi jam atau kalender). Berikut adalah beberapa jenis aplikasi yang mungkin Anda gunakan.
Pengolah kata: Pengolah kata memungkinkan Anda menulis surat, mendesain selebaran, dan membuat banyak jenis dokumen lainnya. Pengolah kata yang paling terkenal adalah Microsoft Word.

Web Browser: Web Browser adalah alat yang Anda gunakan untuk mengakses Internet. Sebagian besar komputer dilengkapi dengan peramban web yang sudah terpasang, tetapi Anda juga dapat mengunduh yang lain jika menginginkannya. Contoh web browser Internet Explorer (sudah ada dalam operasi Windows), Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Safari.

Pemutar media: Jika Anda ingin mendengarkan MP3 atau menonton film yang telah Anda unduh, Anda harus menggunakan pemutar media . Windows Media Player dan iTunes adalah pemutar media populer.
Game atau Permainan: Ada banyak jenis game yang bisa Anda mainkan di komputer. Mulai dari permainan kartu seperti Solitaire hingga permainan aksi seperti Halo. Banyak game aksi yang membutuhkan banyak daya komputasi, sehingga mungkin tidak berfungsi kecuali Anda memiliki komputer yang lebih baru.

Aplikasi Seluler

Komputer desktop dan laptop bukan satu-satunya perangkat yang dapat menjalankan aplikasi. Anda juga dapat mengunduh aplikasi untuk perangkat seluler seperti smartphone atau ponsel cerdas dan tablet . Berikut adalah beberapa contoh aplikasi seluler.

Instagram: Anda dapat menggunakan Instagram untuk berbagi foto dengan cepat dengan teman dan keluarga Anda. Ini tersedia untuk Android dan iOS .
Duolingo: Dengan kombinasi kuis, permainan, dan aktivitas lainnya, aplikasi ini dapat membantu Anda mempelajari bahasa baru. Ini tersedia untuk Android dan iOS .
Menginstal Aplikasi Baru

Setiap komputer dan perangkat seluler akan datang dengan beberapa aplikasi yang sudah ada di dalamnya, seperti browser web dan pemutar media. Namun, Anda juga dapat membeli dan menginstal aplikasi baru untuk menambahkan lebih banyak fungsi. Dengan spesikasi perangkat lunak yang baru tentunya desktop ataupun seluler kita juga harus baru.

Posting Komentar untuk "Sekilas Tentang Pengertian Aplikasi Yang Kita Gunakan"