Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Singkat Tentang internet Yang Perlu Anda Ketahui

Sejarah Singkat Tentang internet Yang Perlu Anda Ketahui

Pada Tanggal 7 Februari 1958 adalah hari Sekretaris Pertahanan Neil McElroy menandatangani Departemen Pertahanan Direktif 5105.15. Tanda tangannya meluncurkan badan proyek penelitian yaitu Advanced Research Projects Agency (ARPA), sekarang dikenal sebagai Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Penciptaan agensi adalah momen penting dalam sejarah sains karena itu mengarah pada penciptaan internet yang kita kenal sekarang.

Sejarah Internet Telah Dimulai..!

Perang Dingin benar-benar terjadi pada tahun 1950-an, dan AS khawatir tentang kecakapan ilmiah Uni Soviet yang semakin meningkat . Karena Sputnik 1, diluncurkan pada tahun 1957, militer AS khawatir tentang serangan Uni Soviet dari luar angkasa dan menghancurkan jaringan komunikasi jarak jauh AS.

Jaringan pertahanan nasional yang ada bergantung pada saluran telepon dan kabel yang rentan terhadap kerusakan. Pada tahun 1962, JCR Licklider, seorang ilmuwan dari ARPA dan MIT, menyarankan menghubungkan komputer untuk menjaga jaringan komunikasi aktif di AS jika terjadi serangan nuklir.

Jaringan ini kemudian dikenal sebagai Jaringan ARPA, atau ARPAnet. Packet switching memungkinkan transmisi data pada tahun 1965, dan pada tahun 1969, kontraktor militer Bolt, Beranek, and Newman (BBN) mengembangkan bentuk awal dari perangkat perutean yang dikenal sebagai pengolah pesan antarmuka, Interface Message Processors (IMP) , yang merevolusi pengiriman data.

Stanford University Network adalah jaringan area lokal pertama yang menghubungkan workstation yang jauh. Pada 1981, NSF memperluas ARPAnet ke peneliti ilmu komputer nasional ketika mendanai Jaringan Ilmu Komputer, Computer Science Network (CSNET). BBN mengasumsikan manajemen operasi CSNET pada tahun 1984.

ARPAnet mengadopsi protokol kontrol transmisi, Transmission Control Protocol (TCP) in1983 dan memisahkan jaringan militer, Military Network (MILnet), menugaskan subset untuk penelitian publik. Diluncurkan secara resmi sebagai National Science Foundation Network (NSFNET) pada tahun 1985, para insinyur mendesainnya untuk menghubungkan departemen ilmu komputer universitas di AS.

"Transisi ARPAnet ke protokol jaringan terbuka TCP dan Internet Protocol (IP) pada tahun 1983 mempercepat penyebaran teknologi internetworking yang sudah berkembang," kata Stephen Wolff , ilmuwan utama Internet2. "Ketika NSF yang masih muda, NSFNET, mengadopsi protokol yang sama, teknologi ARPAnet menyebar dengan cepat tidak hanya ke kampus universitas di seluruh AS untuk mendukung komunitas pendidikan tinggi, tetapi juga muncul Penyedia Layanan Internet, Internet Service Providers (ISP) untuk mendukung perdagangan dan industri."

NSFNET akhirnya menjadi sumber daya terkait untuk lima pusat super komputer di seluruh AS, menghubungkan para peneliti ke jaringan regional, dan kemudian pada hampir 200 jaringan perusahaan. NSFNET mengambil peran sebagai tulang punggung internet di AS, dengan ARPAnet secara bertahap dihapus pada tahun 1990.

1989 melihat langkah besar ke depan dalam komunikasi internet. Tim Berners-Lee dari Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir, European Organization for Nuclear Research (CERN) menciptakan protokol transfer hiperteks, Hypertext Transfer Protocol (http), sebuah standardisasi yang memberikan platform komputer beragam kemampuan untuk mengakses situs internet yang sama. Karena alasan ini, Berners-Lee secara umum dianggap sebagai bapak World Wide Web (www).

Peramban web Mosaic, dibuat pada tahun 1993 di National Center for Supercomputing Applications (NCSA) di University of Illinois Urbana-Champaign, adalah pengembangan utama yang muncul dari NSFNET. Mosaic adalah yang pertama menunjukkan gambar yang sejalan dengan teks, dan menawarkan banyak norma antarmuka pengguna grafis lainnya yang kami harapkan hari ini (seperti bilah alamat URL peramban dan opsi back / forward / reload untuk melihat halaman web).

Akhirnya NSFNET mengubah kebijakan penggunaannya yang dapat diterima untuk penggunaan komersial, dan pada 1995, itu dinonaktifkan. Segera, model penyedia internet menciptakan titik akses jaringan yang memungkinkan sisi keuntungan, komersial dari internet untuk dikembangkan.

Internet berubah dari ide penelitian yang tidak jelas menjadi teknologi yang digunakan oleh lebih dari 3,2 miliar orang dalam waktu kurang dari enam puluh tahun.

Ilmu komputer telah bergerak cepat menjadi Internet, tetapi pegang erat-erat, Anda bisa yakin itu tidak selesai berevolusi.

Posting Komentar untuk "Sejarah Singkat Tentang internet Yang Perlu Anda Ketahui"