Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Melakukan Sideload Aplikasi di Android

Tutorial Melakukan Sideload Aplikasi di Android

Sideload (atau Sideloading) adalah istilah yang merujuk untuk mentransfer file antara dua perangkat lokal tanpa menggunakan internet. Karena internet tidak terlibat, mentransfer file melalui pemuatan sisi biasanya memerlukan penggunaan Wi-Fi, Bluetooth, atau kartu memori fisik. Sideload dapat digunakan untuk menyalin MP3 dari komputer ke perangkat mobile, menginstal aplikasi, atau mentransfer file lain dari satu perangkat lokal ke perangkat lokal lain.

Hanya karena aplikasi tidak tersedia dari Google Play Store tidak berarti itu tidak tersedia sama sekali — Anda dapat secara efektif menginstal aplikasi non-Play Store di ponsel Android, tablet, atau perangkat lain apa pun dengan mengaktifkan satu toggle sederhana. Cara seperti ini disebut "Sideloading"


Mengapa Harus Melakukan Sideload Aplikasi di Android?

Mengapa Anda perlu melakukan ini? Lagipula, sebagian besar aplikasi yang Anda inginkan memiliki kemungkinan lebih besar di Google Play Store. Tetapi ada kalanya bahkan aplikasi “resmi” ini tidak tersedia karena beberapa alasan — mungkin aplikasi itu dibatasi di wilayah Anda, tidak kompatibel dengan ponsel Anda, atau yang lain sama-sama tidak penting. Dalam setiap kasus itu, Anda mungkin ingin sideload aplikasi ke ponsel Anda. Salah satu aplikasi favorit saya, Skitch, dihentikan beberapa tahun yang lalu, tetapi versi yang lama masih berfungsi. Jadi saya sideload itu. Ini juga dapat membantu Anda mendapatkan versi aplikasi terbaru dan terhebat jika pembaruan terbaru diluncurkan secara bertahap.

Pertama, Penolakan Aplikasi

Namun, sebelum kita mulai bagaimana melakukannya, mari kita bicara tentang mengapa pengaturan ini dinonaktifkan secara default, dan implikasi keamanan yang mungkin Anda hadapi dengan mengizinkan ponsel Anda menerima instalasi di luar Play Store.

Pada dasarnya, ketika Anda mengizinkan aplikasi apa pun diinstal pada ponsel Anda, pada dasarnya Anda mengabaikan protokol keamanan yang diaktifkan di Play Store — hal-hal yang dilakukan Google di belakang layar untuk memastikan semua aplikasi yang Anda instal dari saluran resmi sudah tersedia. aman untuk Anda, ponsel Anda, dan data Anda. Itu, tentu saja, panggilan Anda — itu sebabnya ada cara lain untuk memungkinkan aplikasi lain untuk diinstal.

Jika Anda akan menginstal aplikasi di luar Play Store, pastikan aplikasi tersbut dari sumber terpercaya seperti APK Mirror. Ini sangat penting jika Anda ingin memastikan barang-barang Anda tetap aman. Ada banyak orang jahat / situs web / dll. di luar sana yang ingin tidak lebih dari membajak data Anda, jadi jika Anda akan men-slideload aplikasi, cerdaslah tentang hal itu. Jika Anda memilih sumber dengan benar, Anda dapat dengan mudah menginstal aplikasi ini dengan aman dari Play Store.
Terakhir, perlu dicatat bahwa Google mengubah cara penanganan sampingan pada Android 8.0 , jadi kami akan memecahnya menjadi dua bagian di bawah ini: satu untuk Android 7.0 dan di bawah, dan satu untuk Android 8.0.

CARA MENGAKTIFKAN SIDELOADING DI ANDROID 8.0

1. Buka Pengaturan> Aplikasi & Pemberitahuan
2. Buka menu Lanjutan
3. Pilih Akses Aplikasi Khusus
4. Pilih “Instal Aplikasi Tidak Dikenal”
5. Berikan izin pada aplikasi yang diinginkan

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Google mengubah cara aplikasi sideload ditangani di Oreo. Alih-alih memiliki satu pengaturan universal untuk hanya menginstal aplikasi tidak resmi di seluruh papan, "sumber tidak dikenal" sekarang diizinkan atau tidak diizinkan berdasarkan per aplikasi . Misalnya, jika Anda ingin memasang sesuatu dari APK Mirror, Anda harus mengizinkan Chrome untuk memasang aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Bagi yang berminat, kami memiliki penjelasan yang lebih mendalam tentang perubahan di sini .

Kita akan menggunakan Chrome sebagai contoh di sini, tetapi prosesnya akan sama untuk semua aplikasi yang Anda inginkan untuk menginstal aplikasi.

Catatan: Tidak semua aplikasi memiliki kemampuan ini — itu bagian dari kode, dan Android hanya akan menawarkan opsi untuk aplikasi yang memiliki kemampuan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi.

Opsi untuk mengizinkan aplikasi sampingan dapat ditemukan di beberapa tempat berbeda, tetapi cara termudah untuk menanganinya adalah dari pengaturan "universal" yang akan menunjukkan semua aplikasi yang memiliki opsi ini tersedia untuk mereka. Mulailah dengan menarik ke bawah bayangan pemberitahuan dan mengetuk ikon roda gigi pengaturan.


Dari sana, ketuk "Aplikasi & Pemberitahuan," lalu perluas menu Lanjutan.


Pilih "Akses Aplikasi Khusus."


Opsi bawah di sini adalah “Instal Aplikasi Tidak Dikenal.” Ketuk ini.


Semua aplikasi yang memiliki opsi untuk mengunduh dan menginstal aplikasi akan tercantum di sini. Sekali lagi, kami menggunakan Chrome dalam contoh ini, tetapi Anda dapat memilih aplikasi yang Anda coba izinkan.


Setelah Anda membuka opsi aplikasi, sakelar sederhana "Izinkan dari sumber ini" dicentang. Hidupkan itu, dan Anda selesai.


CARA MENGAKTIFKAN SIDELOADING DI ANDROID 7.0 DAN SEBELUMNYA

1. Buka Pengaturan> Keamanan
2. Aktifkan "Sumber Tidak Dikenal"
3. Unduh file APK aplikasi, dan ketuk untuk menginstalnya.

Saya tahu, itu adalah penjelasan yang panjang lebar, tetapi ini penting. Dalam semua aktualitas, prosesnya sangat sederhana. Tarik ke bawah bayangan pemberitahuan dan ketuk ikon roda gigi.


Dari sana, gulir ke bawah dan ketuk Keamanan.


Gulir ke bawah halaman ini hingga Anda melihat "Sumber Tidak Dikenal." Itulah pengaturan Anda - aktifkan.


Peringatan akan muncul agar Anda tahu apa yang akan Anda hadapi. Jika Anda suka dengan hal itu, ketuk OK.


CARA MELAKUKAN SIDELOAD APLIKASI DI SEMUA VERSI ANDROID

Sekarang Anda siap untuk sideload aplikasi yang Anda inginkan. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan APK dan mengunduhnya ke perangkat Anda — Chrome biasanya akan menawarkan peringatan yang memberi tahu Anda bahwa jenis file ini dapat berbahaya, cukup ketuk OK untuk menerimanya dan mulai unduh.


Setelah selesai, ketuk pemberitahuan unduhan untuk menginstal aplikasi. Tampilan akan muncul dengan menanyakan apakah Anda ingin menginstalnya — cukup ketuk “install.” Setelah itu tunggu hingga selesai!

Posting Komentar untuk "Tutorial Melakukan Sideload Aplikasi di Android"