Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Untuk Dasar-Dasar SEO Yang Sukses

Panduan Untuk Dasar-Dasar SEO Yang Sukses

Siapkah anda belajar rahasia untuk mendapatkan SEO atau optimasi mesin pencari? jika telah siap simaklah dengan baik hal-hal yang diperlukan seperti yang disampaikan di bawah ini,


SEO bukan tentang trik sulap atau permainan algoritma pencarian.

Yang benar-benar Anda butuhkan adalah pemahaman menyeluruh tentang apa yang diinginkan orang lain ketika mereka mencari - dan mengapa mereka menginginkannya atau membutuhkannya.

Fakta bahwa tidak ada rahasia besar adalah apa yang membuat SEO sangat sulit. Ini juga merupakan target yang terus berjalan.

Jika Anda baru dalam dunia SEO, saya sangat menyarankan Anda mulai dengan panduan ini, sebelum melangkah lebih jauh. Maka pahami dasar-dasar SEO.

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan SEO Anda, termasuk:
- Teknis: Ini termasuk segala sesuatu yang mempengaruhi kinerja, visibilitas, atau bagaimana mesin pencari mengakses situs Anda. Ini termasuk pengindeksan dan perayapan, skema, kecepatan halaman, struktur situs, struktur URL, dan banyak lagi.
- OnPage: Ini adalah konten Anda - baik yang terlihat oleh pengguna di halaman web Anda (teks, gambar, video, atau audio), serta elemen yang hanya dapat dilihat oleh mesin pencari (tag HTML, data terstruktur).
- OffPage: Ini adalah apa pun yang tidak ada di situs Anda. Pada akhirnya, faktor di luar halaman adalah tentang menumbuhkan dan menunjukkan keadaan situs web Anda, relevansi, dan kepercayaan serta membangun pengguna. Pikirkan pembangunan tautan atau link, pemasaran media sosial, pemasaran PPC, ulasan, dan konten yang dibuat pengguna.

Dalam bab ini, kami akan mulai menjelajahi dunia SEO di tiga area terpenting yang akan membantu mengatur Anda untuk sukses:
- Optimalisasi pengalaman pencarian: Peluang apa yang Anda miliki untuk lebih hadir kepada pelanggan / audiens Anda.
- Strategi konten untuk orang-orang yang sebenarnya: Pentingnya konten dan apa artinya menjadi relevan.
- Dampak pencarian suara pada SEO: Kami akan melihat ke masa depan yang tidak terlalu jauh dan menunjukkan kepada Anda mengapa sekarang saatnya untuk mengoptimalkan pencarian suara. Jadi, jangan menunggu!

1. Optimasi Pengalaman Pencarian

Ketika Anda mendengar kata SEO, biasanya itu berarti Search Engine Optimization. Dan, seperti yang Anda harapkan, SEO dalam konteks ini berarti mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari (atau, jauh lebih kecil kemungkinannya, mengoptimalkan mesin pencari).

Tetapi Search Experience Optimization adalah cara yang lebih baru untuk memikirkan istilah SEO. Beberapa orang bahkan menyebut optimasi pengalaman pencarian/Search Experience Optimization sebagai "SEO baru."

Optimalisasi pengalaman pencarian dioptimalkan untuk orang-orang di semua tempat yang mungkin muncul dari merek dan konten Anda.

Strategi pencarian mengharuskan kami untuk menciptakan pengalaman merek, menggunakan hasil pencarian untuk membangun relevansi.

Sembilan puluh tiga persen pengalaman online dimulai dengan mesin pencari, menurut sebuah studi Forrester 2006. Itu berarti mesin pencari adalah papan iklan terbesar yang ada untuk merek atau branding.

Mesin pencari juga bersama kita ke mana pun kita pergi. Google menyebut pengalaman pencarian ini sebagai momen, dengan empat yang terbesar:
- Saya ingin tahu.
- Saya ingin pergi.
- Aku ingin melakukan.
- Saya ingin membeli.

Strategi SEO kontemporer mengharuskan kita untuk menjadi orang yang kreatif untuk mendapatkan visibilitas atau dapat dilihat oleh banyak orang

a. Peringkat Teratas: Desktop vs. Mobile

Di Google, selain dari iklan pencarian berbayar (yang dapat menambah visibilitas dalam hasil pencarian), Anda juga harus bersaing dengan fitur pencarian terkemuka, yang bervariasi tergantung pada permintaan.

Anda harus mengoptimalkan dengan segala cara yang Anda bisa untuk meningkatkan visibilitas merek Anda. Kadang-kadang peringkat "nomor satu" dalam pencarian organik bahkan tidak masalah karena halaman yang Anda coba peringkat tidak akan menampilkan "pertama."

Mari kita lihat beberapa fitur pencarian yang ada sebelum posisi organik pertama:

b. Berita & Konten Sosial

Google News dan konten sosial adalah area di mana konten Anda dapat memperoleh visibilitas luar biasa. Tetapi berita dan sosial sepenuhnya bergantung pada kesegaran kueri (seberapa mutakhir / panas topiknya).
Untuk memberi peringkat / muncul di area ini, Anda membutuhkan pemahaman yang baik tentang ruang Anda dan bagaimana Google menanggapi permintaan. Tidak setiap kueri akan menampilkan konten berita atau sosial, jadi penting untuk memahami bagaimana kata kunci bereaksi dengan cara yang berbeda.

c. Panel Pengetahuan

Panel pengetahuan Google, yang diberdayakan oleh Grafik Pengetahuan Google, menampilkan dasar-dasar tentang bisnis. Ini termasuk hal-hal seperti:

Lokasi

Nomor telepon.

Peringkat.

Lamanya pnggunaan.

Ini adalah cara besar untuk membangun kepercayaan pada merek Anda. Pencari telah dikondisikan untuk mencari bagian tertentu dari hasil pencarian, seperti panel pengetahuan, untuk mendapatkan informasi terpercaya yang mereka inginkan atau butuhkan.

Mendapatkan panel-panel ini penting jika Anda seorang merek (atau jenis entitas lainnya). Jika Anda tidak ada dalam Grafik Pengetahuan, Anda mungkin berada dalam sedikit masalah.

d. Orang-orang Juga Dapat Bertanya

Orang-orang juga bisa bertanya adalah fitur pencarian lain di mana konten langsung ditarik sejalan dengan hasil. Ini adalah istilah nyata yang dicari orang dan konten dari situs web ditarik untuk mengisi hasil ini.

Anda dapat menggunakan fitur pencarian ini secara terarah untuk mengidentifikasi peluang pengoptimalan konten atau tambahan konten baru yang dapat Anda buat untuk membantu menargetkan audiens yang ingin Anda jangkau.

e. Terapkan SEO ke Berbagai Platform

Selain mengoptimalkan berbagai bagian hasil pencarian, Anda dapat menerapkan metodologi SEO untuk platform apa pun yang dapat dicari seseorang.

Peluang optimasi ini, yang masing-masing pada dasarnya adalah disiplin tersendiri, meliputi:

- Optimalisasi toko aplikasi.

- Saluran YouTube dan optimalisasi video .

- Optimalisasi My Business Google.

- Optimalisasi media sosial.

- Situs pihak ketiga dan mesin pencari vertikal (misalnya Amazon dan Yelp).

Semua platform yang dapat dicari ini sepenuhnya dapat disesuaikan dengan prinsip SEO dan memberikan peluang bagi Anda untuk mendapatkan visibilitas merek tambahan.
Ditambah lagi, ketika Anda mengoptimalkan pengalaman pencarian lain, konten tentang merek Anda dapat ditarik ke dalam hasil mesin pencari tradisional (Google, Bing, dll.) Juga.

Kesimpulannya:

Jadilah terlihat sebanyak yang Anda bisa. Gunakan setiap bagian dari hasil untuk membuat pengalaman pencarian.

Optimalkan di luar mesin pencari. Ini pada akhirnya akan mengarah pada pekerjaan real estat tambahan dalam hasil mesin pencari itu sendiri.

SEO mengasumsikan konteks yang jauh lebih besar ketika tujuannya adalah optimasi pengalaman pencarian, bukan hanya optimasi mesin pencari.

2. Optimalkan Konten untuk Orang Lain

Terkadang mudah untuk melupakan bahwa ini adalah soal mengoptimalkan seorang - pelanggan, pembaca, atau pelanggan Anda. Jadi selalu optimalkan untuk orang lain, bukan mesin pencari.

Buat konten untuk pelanggan, bukan hanya untuk tujuan peringkat yang lebih tinggi. Ketika Anda menempatkansemua orang dalam strategi konten Anda, kemungkinan besar Anda akan jauh lebih sukses di mesin pencari.

a. Konten, Kata Kunci & Algoritma Pencarian

Google telah membuat beberapa pembaruan dan perubahan algoritma selama bertahun-tahun.

Dua perubahan algoritma kunci sangat penting dalam hal cara kita berpikir tentang konten dan kata kunci:

- Hummingbird : Pembaruan ini memberi Google kemampuan untuk memahami kueri lengkap, bukan hanya kata kunci individual sebagai bagian dari pencarian. Itu juga memperkenalkan konsep semantik, atau kata kunci yang berbeda seputar topik utama. Mengoptimalkan halaman Anda untuk satu kata kunci tunggal dari atas ke bawah bukan lagi taktik SEO yang layak, juga tidak terlihat alami bagi orang-orang.

- RankBrain : Pembaruan ini memberi Google kemampuan untuk memahami pertanyaan yang belum pernah diproses sebelumnya dan membuat asosiasi yang diperlukan untuk dapat menguraikan makna penuh dari pertanyaan untuk memberikan hasil melalui pembelajaran mesin. Ini adalah salah satu dari tiga faktor peringkat teratas, bersama dengan konten dan tautan.

Jadi, bagaimana kedua algoritma ini mempengaruhi strategi konten? Anda tidak ingin terlalu fokus pada kata kunci. Sementara peringkat itu penting, tetapi peringkat bukanlah satu-satunya hal yang penting.

Kata kunci terkadang dapat mengkhianati Anda. Kata kunci mungkin memiliki volume pencarian tinggi tetapi tidak memiliki kekhususan dan nilai. Bahkan jika Anda menulis konten dengan cukup baik untuk memberi peringkat untuk kata kunci ini, seberapa banyak lalu lintas itu akan relevan? Berapa banyak konversi yang dapat Anda hasilkan? Mungkin tidak banyak.

Istilah "pemasaran email" sangat umum. Inilah sebabnya mengapa Google menunjukkan hasil yang ambigu. Ada perbedaan yang jelas dalam istilah seperti "pemasaran email" dan "platform pemasaran lintas saluran perusahaan".

Apa bedanya?

Maksudnya:

Satu kata kunci adalah informasi, sementara yang lain bersifat transaksional. Kueri transaksional lebih bernilai bagi bisnis yang didorong oleh konversi.

Anda dapat mengoptimalkan untuk lebih banyak pertanyaan transaksional dengan menargetkan kata kunci pencarian ekor panjang. Kekhususan kata kunci ini (bahkan jika kata kunci memiliki volume pencarian rendah) akan membantu Anda membuat konten yang lebih relevan dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas yang berkualitas ke situs Anda.

Pada level taktik Anda harus berkreasi dengan topik dan riset kata kunci Anda dan mengerti bagaimana seseorang mencari apa yang mereka cari.

Mengapa Konten Penting

b. Tidak Dapat Disangkal Tentang Pentingnya Konten.

Tanpa konten tidak ada visibilitas.

Untuk menekankan betapa pentingnya konten (dan seberapa penting pemilihan kata kunci dapat bagi efektivitas konten), pertimbangkan hal ini:
- 60 persen kueri empat kata atau lebih.
- Jumlah kata rata-rata untuk hasil halaman pertama di Google hampir 1.900 kata.

Ini menimbulkan pertanyaan: bagaimana kita tahu apa yang diinginkan orang lain? Bagaimana kita tahu apa yang akan dicari orang lain ?

c. Berilah Konten Yang Mereka Inginkan Orang Lain

Jika Anda memberi perhatian yang cukup dekat, pembaca Anda akan memberi tahu Anda apa yang mereka inginkan.

Beberapa alat-alat terbaik terkandung tepat di hasil pencarian Google:
- Otomatis lengkap
- Orang-orang juga bisa bertanya.
- Pencarian terkait.

Itu semua adalah pernyataan / pertanyaan yang diajukan banyak orang saat mereka mencari. Data ini menyajikan peluang nyata untuk konten tambahan.

Mengatasi masalah yang ditanyakan dan langsung menjawab pertanyaan akan membantu Anda memberikan konten yang tepat pada saat dibutuhkan oleh para pencari. Itulah dasarnya pencarian - kebutuhan. Ini juga akan membantu Anda memahami pelanggan Anda dengan lebih baik.


Mendengarkan dan Memperhatikan Media Sosial

Platform sosial juga memberikan banyak peluang untuk belajar tentang orang lain dan mendengarkan kebutuhan orang lain. Banyak orang menggunakan media sosial untuk mengeluh. Maka hal itu dapat digunakan untuk membantu Anda.

Gunakan bagian komentar Anda sendiri atau kompetitif. Ikuti topik / tema umum. Pantau percakapan di setiap jejaring sosial yang Anda aktifkan (dan di mana pun merek Anda didiskusikan).

Apa yang orang keluhkan? Mungkin itu:
- Masalah layanan pelanggan.
- Tidak dapat mengetahui kapan bisnis Anda buka.
- Produk atau layanan Anda.

Anda dapat mengubah semua ini menjadi konten.


Penelitian Kompetisi

Menganalisis situs dalam hasil pencarian untuk topik kompetitif mengungkapkan banyak hal tentang apa yang berfungsi, dan apa yang tidak, tentang bisnis Anda. Lakukan audit konten dan temukan kesempatan konten, atau area yang ingin Anda tiru.

Apa pun yang Anda pilih, tujuan akhirnya selalu sama: dapatkan lebih banyak konteks. Luaskan topik yang ingin Anda tunjukkan.

Jenis penelitian ini bisa membuat tidak nyaman. Anda mungkin harus menghadapi beberapa kebenaran yang sulit ketika Anda mengambil salah satu dari cara ini. Tapi itu sebanding karena Anda akan memahami kebutuhan orang lain yang ingin Anda jangkau.

d Jadikan Situs Mobile - Itulah Yang Pertama!

Konten hebat berarti dapat diakses secara optimal oleh perangkat seluler, apa pun perangkatnya. Buatlah semuanya mobile yang dapat memuat secepat mungkin.

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah menggunakan Accelerated Mobile Pages (AMP), terutama jika Anda sangat bergantung pada lalu lintas organik seluler. Memiliki konten yang memuat secepat kilat sebagai pengalaman pengguna yang baik (dan bisnis yang baik).

Lambat memuat halaman dapat berdampak pada kinerja SEO Anda - dan ini perlu digarisbawahi. Selalu menguji dan mengoptimalkan. Jika Anda tidak yakin tentang pengalaman seluler Anda, uji semua halaman Anda . Gunakan alat apa pun yang Anda bisa untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna.

Banyak alat yang baik, termasuk Pagespeed Insights. Gunakan untuk mengidentifikasi bagian masalah, seperti seberapa cepat halaman Anda dimuat dan di-render.

- Fakta menyenangkan: Pada 2012, Google menemukan bahwa mereka akan kehilangan 8 juta pencarian per hari dengan memperlambat hasil hanya dengan empat per sepuluh detik. Meskipun itu mungkin tidak terlihat banyak, mengingat Google memberikan hasil lebih dari 3 miliar permintaan per hari, itu adalah 8 juta pencarian yang tidak dapat ditayangkan oleh Google. Itu berarti lebih sedikit pendapatan untuk Google. Dan periklanan terutama bagaimana Google menghasilkan uang."

e. Bersiaplah untuk Mobile - Terindeks Pertama

Google telah menginformasikan pada semua orang agar menggunakan mobile selama bertahun-tahun, tetapi sekarang ini terjadi dengan indeks mobile.

Artinya, Google akan merayapi situs seluler pada frekuensi yang lebih tinggi daripada situs versi desktop. Ini juga berarti bahwa seluler lebih penting untuk SEO daripada sebelumnya. Perhatikan perkembangan di area ini dengan cermat.

f. Jadikan SEO Bagian dari DNA Anda

Optimalkan konten Anda dari awal. Ini akan menghemat banyak sakit kepala pada akhirnya.

SEO adalah proses, bukan tujuan. SEO tidak pernah dilakukan. Anda tidak pernah selesai mengoptimalkan.

Setiap halaman dapat dioptimalkan karena tidak ada yang namanya situs web yang sempurna. Anda harus menjadi "yang paling tidak sempurna"

Dengan kata lain, Anda tidak memerlukan situs web terbaik di dunia. Anda hanya perlu situs web yang lebih baik dari pada pesaing Anda.

- Konsisten dengan dasar-dasar SEO adalah cara sempurna untuk melakukan itu:
- Optimalkan judul dan deskripsi meta Anda .
- Gunakan kata yang mudah dibaca dan URL yang ramah .
- Optimalkan konten video (jika Anda memilikinya).
- Optimalkan tag tajuk (H1, H2, H3, dll.).
- Tautkan ke konten yang lain dalam di situs Anda.
- Buat dan optimalkan konten yang relevan secara topikal.

Semua penjelasan ini mungkin tampak seperti tidak ada pengaruh untuk profesi SEO berpengalaman. Tetapi Anda mungkin akan terkejut melihat seberapa sering situs tidak memiliki hal-hal paling mendasar (misalnya, tag judul pada halaman paling penting mereka).

Navigasi dan struktur tautan internal Anda adalah tulang punggung tematik situs Anda. Gunakan itu untuk memberi isyarat kepada mesin pencari topik situs Anda - apa yang ingin Anda ketahui.

KESIMPULANNYA:

- Gunakan kunci ekor panjang. Jangan batasi diri Anda dengan strategi yang hanya menargetkan kata kunci generik / ambigu.
- Pahami maksud pembaca dan buat konten untuk itu. Dengarkan pembaca situs Anda. Mereka akan memberitahukan kepada Anda tentang konten yang perlu Anda buat.
- Optimalkan sejak awal. Bangun situs Anda dan mencakup semua dasar-dasarnya (SEO teknis dan optimasi pada halaman).

3. Optimasi Pencarian Suara

Pencarian suara lebih dekat dari yang Anda pikirkan. Perhatikan perubahan perilaku pencarian dan perubahan dalam hasil pencarian. Kumpulkan wawasan sekarang untuk mempersiapkan masa depan.

Generasi seseorang baru akan datang. Hubungan utama mereka dengan mesin pencari adalah berbicara dengannya - bukan untuk mengetik atau mengetuk. Ini adalah perubahan besar. Dengan semakin banyaknya perangkat bantuan suara yang mudah digunakan (bahkan untuk generasi yang lebih tua), kita dengan cepat mendekati perubahan suara - pertama dalam perilaku pencarian.

a. Posisi Nol

Cuplikan unggulan sudah mulai memainkan peran penting dalam cara Google menyediakan hasil pencarian. Ini adalah bidang baru dalam SEO.

Cuplikan fitur Google muncul di atas hasil pencarian organik pertama, sehingga memberikan dorongan besar dalam hal lalu lintas, visibilitas, dan kepercayaan. Orang-orang mempercayai cuplikan fitur sedemikian rupa sehingga sering tidak mengklik hasil organik lainnya.

Posisi nol sebagian besar didorong oleh pertanyaan. Google memberikan jawaban langsung untuk pertanyaan, menarik kutipan konten langsung dari situs web ke dalam fitur cuplikannya.

b. Mengoptimalkan untuk Pencarian Suara

Pencarian suara memiliki satu hasil. Posisi nol adalah satu-satunya hasil yang diucapkan kepada Anda.

Agar sukses, penting untuk mengetahui konten dan konteks pencarian:
- Identifikasi pertanyaan umum dan pertanyaan yang dimiliki audiens Anda.
- Buat konten untuk langsung menjawab pertanyaan dan pertanyaan itu.

c. Ubah Konten Menjadi Tindakan & Keterampilan

Google mengambil beberapa jenis konten yang diterbitkan dan membuatnya dapat dicari oleh:
- Berita
- Resep
- Podcast

Keterampilan Alexa juga membuat konten dapat dicari:
- Layanan berbasis web
- Pencarian informasi

d. Masa Depan Pencarian Suara

Masih banyak yang belum kita ketahui tentang pencarian suara.
- Data pencarian suara tidak tersedia: Google tidak menampilkan data pencarian suara dengan cara yang sama untuk pencarian desktop dan seluler di Search Console.
- Bagaimana perilaku pencarian berubah: Ketika seluler menjadi suatu hal, kami memiliki data untuk menunjukkan jenis pencarian "dekat saya", yang mencerminkan mereka yang sedang bepergian, meledak. Kami belum tahu pencarian suara yang setara dengan pencarian "dekat saya".

Apa yang kita tahu

Kita tahu pencarian suara terdiri dari 10 persen dari semua pencarian, dan jumlah itu meningkat. Sama seperti ponsel 6-7 tahun yang lalu, pencarian suara akan datang.
Jadi di sinilah letak peluang SEO. Bagaimana kita mendefinisikan metodologi pengalaman pencarian suara untuk terus hadir dengan konten yang relevan ketika orang lain membutuhkannya?

KESIMPULANNYA:
- Bersiaplah untuk dunia suara - pertama.
- Mengoptimalkan untuk posisi nol adalah mengoptimalkan untuk pencarian suara.
- Jadikan konten dapat dicari di perangkat yang mendukung suara.

RANGKUMAN

Anda mendekati SEO, terutama dalam hal konten, pastikan strategi Anda memperhitungkan ketiga bidang ini:
- Menciptakan pengalaman pencarian adalah SEO baru. Optimalkan untuk setiap peluang yang Anda bisa. Ambil kepemilikan dari hasil pencarian, termasuk di luar pencarian organik tradisional. Hadir. Jadilah relevan. Bangun kepercayaan pada orang-orang yang mencari merek Anda, di mana pun itu.
- Buat konten untuk orang, bukan mesin pencari. Inilah cara Anda memberikan pengalaman digital yang hebat dan memahami pelanggan Anda dengan lebih baik. Fokus pada topik yang diinginkan orang daripada terlalu khawatir tentang kata kunci. Gunakan aset konten Anda untuk mendengarkan audiens Anda dan membuat konten yang secara langsung menjawab pertanyaan dan poin rasa sakit mereka. Bangun yayasan yang Anda butuhkan untuk SEO yang baik ke depan.
- Pencarian suara akan datang. Jangan menunggu Bertujuan untuk posisi nol dalam hasil pencarian dan membuat konten dapat ditelusuri suara.

Posting Komentar untuk "Panduan Untuk Dasar-Dasar SEO Yang Sukses"