Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Kolom Komentar Blog Di Desktop atau Mobile Seluler

Cara Menampilkan Kolom Komentar Blog Di Desktop atau Mobile Seluler

Jika anda mengalami kolom komentar yang menghilang mungkin hal itu sama seperti yang saya alami pada salah satu blog. Padahal kolom komentar sangat membantu untuk saling berkomunikasi secara langsung di blog dengan penulis blog.


Mengapa Kolom Komentar Menghilang?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Mungkin karena adanya perbedaan template. Karena yang saya tahu template yang sekarang menggunakan style CSS HTML 5, artinya semua kode HTML di dalam template sudah diubah sesuai kebijakan Blogger yang mengoptimalkan Blog agar lebih SEO Friendly di mata robot pengindeks.

Namun bisa juga diakibatkan dari template yang sudah dimodifikasi ulang, biasanya template yang sudah dimodifikasi, akan merubah struktur elemen di dalam template tersebut. Karena perintah yang dioperasikan di dalam template di buat di luar elemen template bawaan Blogger. Misalnya ditambah dengan script-script tertentu menggunakan kode java script atau kode css lainnya.

Lalu Bagaimana cara mengatasi kolom komentar yang tiba-tiba lenyap tersebut? Berikut cara-cara mengatasinya:

Cara Pertama

Masuk ke akun Blogger >> Tema/Theme >> klik Roda atau Ger Pengaturan di bawah Seluler/Mobile, pastikan pada Opsi ini anda pilih tidak/No.

Cara Kedua

Masuk ke akun Blogger >> Pilih Tata Letak/Layout>> klik Edit Halaman Posting/Posting Blog, pastikan pada Opsi Halaman Entri/main pos ada tanda centang di bagian 5 komentar/5 comments. Lihat gambar di bawah ini:


Cara Ketiga

Masuk ke akun Blogger >>Setelan/Settings >> Pilih Postingan komentar dan berbagi/posts commets and sharing, lalu di lokasi komentar/comment location pilih Tersemat/Embedded


Cara Keempat

Masuk ke akun Blogger >> Pilih Posts/Postingan, lalu klik Edit pada salah satu artikel yang kolom komentarnya tidak muncul. Kemudian cek di sidebar sebelah kanan >> pilih menu Pilihan/Option, pastikan pada Komentar Pembaca/reader comments, anda mencentang Izinkan/Allow. Kemudian Klik Selesai/Done. Lihat gambar di bawah ini:


Artinya kita menginzinkan Pembaca untuk berkomentar di halaman artikel kita. Sekarang cek kolom komentarnya di halaman artikel Anda

Setelah itu, silakan cek tampilan kolom komentar di seluler/mobile atau Handphone (HP) anda

Jika sudah dilakukan cara-cara di atas maka in sya Allah kolom komentar yang menghilang di blog anda akan tampil baik di desktop atau mobile seluler/HP.

Masih Belum Muncul Juga?

Jika belum muncul juga, saya sarankan agar anda mengganti template saja, karena bisa saja elemen kolom komentar bawaan pencipta template tersebut sudah dihapus sehingga ada sebagian kode yang tidak berfungsi.

Itulah sekilas pengalaman saya tentang cara menampilkan kolom komentar yang hilang di blog. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menampilkan Kolom Komentar Blog Di Desktop atau Mobile Seluler"